NASKAH PIDATO MAULID NABI MUHAMAD SAW

Yang terhormat Bapak Kepala desa ....

Yang terhormat bapa Ketua..... 

Seta para hadirin dan Hadirot yang dimuliakan oleh allah SWT.                                                               

 Bismilahirrahmanirrahim, Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pertama-tama Marilah kita panjatkan fuji dan syukur ke hadirat Allah SWT, Karna atas rahmat dan Karunia-Nya lah, Kita semua masih diberi Kelancaran dan kesehatan sehingga kita bisa bersilaturahmi  di acara yang di muliakan oleh allah SWT. Yaitu acara memperingati Hari Maulid Nabi Muhammad SAW. Kemudian shalawat serta salam smoga tetap tercurah limpahkan kepada sang revolusioner alam pengubah Zaman nyatana yahabibana Muhammad SAW.Serta sampailah kepada kita Selaku umatNya.

Segala puji bagi Allah , Tuhan yang memilih Muhammad sebagai Nabi pilihan dari anak Adam. Dia mengutusnya untuk memberikan kabar gembira dan peringatan kepada semua umat manusia. Dengan izin-Nya, beliau mengajak manusia kepada Allah. Beliau mengajak manusia kepada Allah. Beliau adalah lampu yang menyinari. Saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan kecuali Allah Semata, dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba RasullNya Semoga Allah mencurahkan rahmat kepada junjungan kita Muhammad  berikut keluarga, para sahabat, dan para pengikutnya hinga hari kiamat.

 

Dalam kitab suci-Nya yang mulia Allah berfirman dalam Qs. Al-ahzab: 21. Yang artinya : “ sesungguhnya telah ada pada diri rasullah itu adalah suri tauladan  bagimu yaitu bagi orang yang mengharap rahmat Allah dan kedatangan hari kiamat dan ia menyebut Allah. “ maha benar allah dengan Segala firmanNya.

 Saudara saudara yang dimulyakan Allah. Sesungguhnya kita hari ini hidup dalam bulan yang sangat agung yaitu rabiul awal. Bulan ini adalah Bulan ,nabi Muhammad Saw di lahirkan ke  muka bumi. Beliau manusia paling mulia yang dilengkapi dengan kesempurnaan jiwa, akhlaq dan akal.. Kehadiran beliau yang disifati dengan berbagai kesempurnaan ini dimaksudkan agar beliau menjadi panutan dan teladan terbaik seluruh manusia.

Shalawat dan salam bagi kami sampaikan kepadamu., wahai Rasulullah. Shalawat dan salam kami haturkan kepadamu, wahai nabi Allah. Shalawat dan salam kami persembahkan kehadiratmu, wahai kekasih Allah. Semoga Allah memberimu balasan dengan balasan paling utama dan terbaik.

 

Saudara-saudara seiman seagama !

Sesungguhnya bulan kelahiran Rasulllah saw adalah bulan cahaya, cahaya Muhammad saw. Cahaya atau nur Muhammad ini telah di ciptakan Allah sebelum Adam as diciptakan. Bahkan, sebelum segala sesuatu yang ada diadakan. Nur ini diciptakan dari nur Allah. Dari nur Muhammad, Allah menciptakan alam.   Seperti yang di jelaskan dalam Hadist quid yaitu “seandainya tidak ada engkau ………………. Seandainya tidak ada engkau……………. Hai Muhammad, tentu alam ini tidak diciptkan’’.

Karena itu, wahai saudara –saudara sekalian, di antara kewajiban kita pada bulan yang agung ini adalah menjadikan bulan perayaan untuk mengingat kelahiran manusia agung. Dengan peringatan maulid nabi, umat islam bisa  mengambil pelajaran berharga dari sejarah hidup Rasulullah saw. Dan biografi sahabat beliau. Berapa banyak anak-anak muslim yang tidak mengetahui kehidupan Rasulullah saw dan para sahabatnya. Bahkan sebagian mereka ada yang tidak mengenal islam kecuali hanya namanya. Mereka tidak mengetahui nama-nama keluarga rasul sebagaimana mereka sangat mengenal nama-nama artis. Mereka tidak mengenal nama-nama para sahabat rasul sebagai mana mereka menghafal nama-nama para atlet. Mereka tidak mengenal nama-nama tokoh –tokoh islam dan para pahlawan. Sebagaimana mereka sangat mengenal nama-nama penyanyi dan penari. Akibatnya, mereka tidak bisa membedakan mana yang haq dengan yang batil, antara yang benar dan yang salah. Antara kebaikan dan keburukan dan antara orang baik dan orang jahat.

Saudara-saudara sekalian !

Inilah kebodohan yang sangat besar. Kebodohan yang menjadikan kaum muslimin di masa modern ini terlambat. Kebodohan yang menjadi otot-otot Islam melemah. Karena itu, adakan peringatan maulid nabi dengan berfikir dan merenung agar peringatan itu menjadi kekuatan baru yang membangitkan hati kaum muslimin dan mengembalikan kaum muslimin ke pangkuan petunjuk Rasulullah saw. Maha Besar Allah yang memuji Rasulullah dengan firmannya dalam QS. Al-Qalam:4 yang artinya “ dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung.”. Maka dari itu kita selaku umatNya sudah sewajarnya mengagungkan dan memuji Kekasih allah yang menjadi rasul terakhir kita semua.

Mudah-mudahan di hari memperingati Maulid nabi Muhammad atau dihari kelahiran Nabi muhammad kita bisa lebih meningkatkan iman dan taqwa kita. Amin…Dan sudah sepantasnya kita sebagai umatNya  mengikti jejak-jejakNya.

 

Mungkin paparan dari saya dicukupkan Sekian,mohon maaf bila banyak kesalahan baik dari,perkataan atau ucapan saya, yang tidak berkenan di hati para hadirin semua, karna sudah kodrat manusia yang tidak luput dari salah dan dosa. Dan Manusia diciptakan tidak ada yang sempurna, karna kesempurnaan hanya milik allah semata.

Dan mudah-mudahan apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat khusunya bagi saya sendiri dan umumnya bagi kita semua.amin…

 

Wallahul muwafiq illa aqwamith thariq

Wassalamu ala’ikum Warrahmatullah Wabarakatuh

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANAGEMENT PELENGKAPAN DAN PERBEKALAN ALAM BEBAS

Sistem Pencernaan Pada Hewan