Belajar - KONSEP BELAJAR

Sebelum kita mengetahui lebih jauh tentang belajar,kita harus mengetahui dulu dari pengertian belajar itu sendiri..
Sebagai landasan penguraian pengertian atau definisi belajar terlebih dahulu saya akan mengemukakan definisi belajar
Menurut beberapa pakar dunia diantaranya :
a.Gegne
 Mengemukakan " Belajar terjadi apabila suatu situasi Stimulus bersama dengan ingatan mempengaruhi siswa sedemikianrupa sehingga
 perbuatannya berubah dari waktu sebelum ia mengalami situasi itu ke waktu sesudah mengalami waktu tadi".
b.Morgan
  Mengemukakan " belajar adalah setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari katiahn atau pengalaman".
Dari definisi-definisi diatas ada beberapa elemen yang penting yang mencirikan pengertian tentang belajar Yaitu:
    1. Belajar merupakan Perubahan dalam tingkah laku, dimana perubahan tersebut dapat mengarah kepada tingkah laku yang baik.
    2. Belajar merupakan suatau perubahan yang terjadi melalui latihan atau pengalaman.
    3. Perubahan yang harus relatip menetap
    4. Tingkah laku yang harus mengalami perubahan belajar menyangkut berbagai aspek kepribadian baik psikis maupun Fisik.
Dengan demikian belajar dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan belajar adalah Tahapan perubahan selruh tingkah laku individu yang relatif mentap
sebagai hasil pengalaman dan interaksi dengan lingkungan yang melibatkan proses kognitif.

Faktor-faktor Yang mempengaruhi Proses belajar
1. Faktor internal (faktor dari dalam) yang meliputi:
    a. aspek fisiologis yaitu kondisi umum jasmani dan tegangan otot yang menjadi tingkat kebugaran organ-organ tubuh dan sendi-sendunya.
    b. Aspek psikologis
2. Faktor eksternal (faktor darti luar) yang meliputi:
    a. Faktor lingkungan
    b. Faktor Instrumental

Cara-cara Belajar Efektif
MEnurut DR.Rudolf Pinter Ada 10 macam metode didalam belajar, yaitu :
1. Whole to part method (Metode keseluruhan kepada bagian)
2. Whole versus part method (metode keseluruhan lawan metode bagian)
3. Mediating method (metode campuruan anatara keseluruhan dan bagian)
4. Recitation Method (Metode resitasi)
5. Length or practice periods (jangka waktu belajar)
6. Distribution or practice periods ( Pembagian waktu belajar)
7. Membatasi kelupaan
8.menghafal
9. Kecepatan belajar dalam hubungannya dengan ingatan
10. Rectroactiv inhibition

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NASKAH PIDATO MAULID NABI MUHAMAD SAW

MANAGEMENT PELENGKAPAN DAN PERBEKALAN ALAM BEBAS

Sistem Pencernaan Pada Hewan